Pasal 1 Undang-Undang Dasar

 Indonesia

  1. Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik.
  2. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.
  3. Negara Indonesia adalah negara hukum.

Jepang

Kaisar akan menjadi simbol dari Negara dan persatuan rakyat, mendasarkan posisinya pada kehendak rakyat pada siapa kekuasaan berdaulat berada.

Belanda

Semua orang yang berada di Belanda, diperlakukan sama dalam keadaan yang sama. Diskriminasi karena agama, kepercayaan, pendapat politik, jenis kelamin ras, atau alasan lain apapun tidak diperkenankan.

Jerman

  1. Martabat manusia tak akan dapat diganggugugat. Menghormati dan melindunginya, akan menjadi tugas semua otoritas negara.
  2. Rakyat Jerman karenanya mengakui hak asasi manusia yang tak dapat diganggugugat dan tak dapat dicabut sebagai dasar dari setiap masyarakat, perdamaian dan keadilan di dunia.
  3. Hak-hak dasar berikut akan mengikat legislatif, eksekutif, dan pengadilan sebagai hukum yang langsung dapat diterapkan.

Korea Selatan

  1. Republik Korea akan menjadi sebuah republik demokratis.
  2. Kedaulatan Republik Korea akan berada pada rakyat, dan semua kekuasaan negara harus berasal dari rakyat.

Taiwan

Republik Cina, yang didasarkan pada Tiga Prinsip Rakyat, akan menjadi sebuah republik demokratisnya rakyat, diperintah oleh rakyat dan untuk rakyat.

RRC

Republik Rakyat Cina adalah negara sosialis di bawah kediktatoran demokratis rakyat, dipimpin oleh kelas pekerja, dan berbasiskan persekutuan buruh dan tani. Sistem sosialis adalah sistem dasar dari Republik Rakyat Cina. Sabotase dari sistem sosialis, oleh suatu organisasi atau individu, dilarang.

Kuba

Kuba adalah negara-sosialis-yang-independen-dan-berdaulat-nya para pekerja, diselenggarakan dengan semua dan untuk kebaikan semua sebagai sebuah republik yang bersatu dan demokratis, untuk menikmati kebebasan politik, keadilan sosial, kesejahteraan individu dan kolektif dan solidaritas manusia.

Rusia

  1. Federasi Rusia – Rusia adalah negara hukum federal demokratis dengan bentuk pemerintahan republik.
  2. Nama-nama Federasi Rusia dan Rusia bernilai sama.

Argentina

Bangsa Argentina mengadopsi bentuk pemerintahan republik federal perwakilan, sebagaimana ditetapkan Konstitusi ini.

Brazil

  1. Republik Federal Brazil, dibentuk oleh serikat yang tak terpisahkan dari Negara-Negara dan Kota-Kota, serta Distrik Federal, adalah Negara Demokratis yang legal dan dilandaskan pada: 1. Kedaulatan; 2. Kewarganegaraan; 3. Martabat individu; 4. Nilai-nilai sosial kerja dan kebebasan berusaha; 5. Pluralisme politik.
  2. Segala kekuasaan berasal dari rakyat yang menjalankannya dengan cara perwakilan yang dipilih atau langsung, menurut Konstitusi ini.

Filipina

Filipina adalah sebuah negara demokratis dan republik. Kedaulatan berada pada rakyat dan seluruh kewenangan pemerintah berasal dari mereka.

Bolivia

Bolivia menjadi sebuah Negara Kesatuan Sosial Hukum Plurinasional Komunitarian, bebas, merdeka, berdauulat, demokratis, antar-budaya, terdesentralisasi dan otonom. Bolivia didasarkan pada pluralisme dan pluralitas politik, ekonomi, hukum, budaya dan bahasa, dalam proses terpadu di dalam negeri.

Perancis

Perancis adalah sebuah Republik yang tak terbagi, sekular, demokratis dan sosial. Ia menjamin kesetaraan di depan hukum bagi seluruh warga negara tanpa memandang adanya perbadaan asal, usul, ras atau agama. Ia menghormati semua kepercayaan. Organisasinya terdesentralisasi.

Hukum mendukung adanya kesetaraan akses bagi perempuan atau laki-laki untuk memegang mandat pemilu dan jabatan publik, begitu juga pertanggungjawaban profesi dan sosial.

Amerika Serikat

Semua kekuasaan legislatif yang diberikan di sini akan dituangkan dalam sebuah Kongres Amerika Serikat, yang terdiri atas Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Australia

Kekuasaan legislatif Persemakmuran dituangkan dalam Parlemen Federal yang terdiri dari Ratu, Senat, dan Dewan Perwakilan Rakyat, dan yang setelah ini disebut “Parlemen”, atau “Parlemen Persemakmuran”.

India

  1. India, yaitu Bharat, akan menjadi Serikat Negara-Negara.
  2. Negara-Negara dan wilayahnya akan ditetapkan dalam Bagian Pertama.
  3. Wilayah India terdiri dari: (a) wilayah Negara-Negara; (b) wilayah Serikat yang ditetapkan dalam Bagian Pertama; dan (c) wilayah lainnya yang mungkin akan diperoleh.

Afrika Selatan

Republik Afrika Selatan adalah negara yang satu, berdaulat, demokratis, dengan dilandaskan pada nilai-nilai berikut: (a) Martabat manusia, pencapaian kesetaraan dan kemajuan hak asasi manusia dan kebebasan; (b) Non-rasialisme dan non-seksisme; (c) Supremasi konstitusi dan negara hukum; (d) Hak pilih universal untuk orang dewasa, daftar pemilih umum nasional, pemilihan umum reguler dan sistem multi-partai dari pemerintahan yang demokratis, untuk memastikan akuntabilitas, kepekaan, dan keterbukaan.

 

Tinggalkan komentar

Filed under Konstitusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s